Putus Asa: Penyebab dan Cara Mengatasi

Putus Asa: Penyebab dan Cara Mengatasi

Putus Asa – bisa terjadi karena  berbagai macam kegagalan demi kegagalan yang didapatkannya sehingga bisa menyebabkan pesimis dan stress. Bisa jadi karena faktor kegagalan dalam percintaan, kegagalan dalam pekerjaan dan lain sebagainya. Tapi jangan khawatir ya gaess, caca-cara ini bisa mengatasi sikap putus asa. Oke langsung aja ya.

Cara Mengatasi:

  1. Mencoba Berpikir Positif

Positive thinking menjadi cara pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi putus asa, apapun persoalan yang sedang kamu hadapi maka cobalah berpikir positif. Percayalah bawa setiap masalah pasti ada solusi yang bisa kamu lakukan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak mudah putus asa dalam menghadapi berbagai masalah sehingga dapat  terselesaikan dengan sangat baik.

  1. Mencoba Bersyukur

Cara atasi sikap  putus asa berikutnya adalah dengan bersyukur. Dalam segala kondisi apapun  maka kamu harus pandai bersyukur. Tujuan dari sifat tersebut adalah agar terhindar dari segala sikap yang menjadi penyebab putus asa. Maka dari itu, biasain bersyukur ya gaess sama apa yang kamu punya sekarang.

  1. Berpikir Realistis.

Selain bersyukur, mencoba berpikir realistis menjadi cara berikutnya untuk mengatasi putus asa. Apabila kamu mempunyai ekspektasi yang tinggi, maka bersiaplah jika apa yang kamu ekspektasikan tidak dapat tercapai. Hal ini bertujuan agar kamu tidak putus asa ketika apa yang kamu harapkan tidak bisa direalisasikan. Realistis aja ya gaess.

  1. Menceritakan Masalah sama Orang Dekat yang Dapat Dipercaya

Curahkan segala permasalahan kamu dengan orang-orang dekat yang pastinya bisa dipercaya. Dengan begitu perasaan tertekan, stress akibat dari putus asa bisa sedikit berkurang ya gaess,  orang dekat yang dimaksud itu seperti orang tua kamu, saudara kamu, atau pacar kamu yang bisa dipercaya bisa memberi solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi. Jangan pernah menutup-nutupi masalah karena bisa membuat kamu putus asa apabila tidak bisa menyelesaikan masalahnya.

  1. Cara Pandang yang Harus Diubah

Jika kamu sudah putus asa, sudah tak punya jalan keluar lagi, maka tidak ada salahnya untuk mengubah cara pandang kamu. Posisikan diri kamu dengan posisi orang lain. Dengan cara seperti ini maka bisa membuat kamu menemukan solusi dari permasalahan yang kamu sedang hadapi.

  1. Menghela Nafas

Apabila sedang berada pada posisi titik terendah kamu, maka yang terjadi adalah rasa penat, putus asa, bingung harus bagaimana maka tariklah nafas dalam-dalam sebanyak 3 kali. Tujuannya adalah agar kamu bisa tenang dan rilex dalam menghadapi permasalahan kamu sehingga kamu tidak mudah putus asa.

  1. Tenangkan Dirimu

jika kamu mempunyai masalah yang bisa membuatmu stress yang disebabkan karena putus asa, maka cobalah ambil waktumu untuk menenangkan diri. Kamu bisa mengambil waktu rehatmu dengan rekreasi atau ke tempat-tempat yang bisa membuat hatimu damai. Dengan begitu, kamu bisa melepaskan rasa penat kamu serta dapat mengembalikan semangat kamu untuk menyelesaikan persoalan yang sempat membuat kamu putus asa.

  1. Tidak Lari dari Tanggung Jawab

Usahakan jangan lari permasalahan kamu. Sebab itu semua tidak bisa membuat kamu selesai dari masalah yang ada justru  menambah masalah baru yang bisa membuat anda semakin putus asa.  Coba kenali dirimu dan beranikan diri untuk menghadapi masalah kamu.

Baca Juga:  Perbedaan Psikolog dan Psikiater Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Putus asa adalah situasi dimana seseorang mengalami kondisi yang kurang bergairah, pesimis serta tidak ada harapan untuk menyelesaikan persoalan hidup.  Apabila kamu sedang berada pada titik terendah tersebut maka yang sering terjadi adalah menyerah akan keadaan untuk bisa sukses dimasa depan.

Penyebab Terjadinya Perilaku Putus Asa

Perilaku putus asa terjadi dimana kamu berada dalam situasi sulit untuk keluar dari masalah. Sikap seperti ini harus dihindari agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Namun ada beberapa penyebab dimana seseorang menjadi putus asa. Apa saja? Yuk, simak penyebabnya:

  1. Kegagalan dalam Usaha

Ketika kamu sedang menjalankan usaha kamu entah usaha skala kecil atau skala besar. Pastinya kamu pernah berada pada posisi sulit sehingga usaha kamu menjadi bangkrut/ gulung tikar. Disinilah awal terjadinya perilaku putus asa. Tetapi jika kamu memiliki mental yang kuat dalam menghadapi masalah tersebut, maka percayalah perilaku putus asa tidak akan terjadi.

    2. Lamaran Kerja tidak Diterima/Ditolak

Siapa sih yang pernah mengalami penolakan saat melamar kerja? Setiap orang pasti pernah mengalaminya. Kondisi seperti inilah yang dapat memicu rasa putus asa  apalagi jika lamaran kerja kamu ditolak berkali-kali. Hal seperti inilah yang membuat seseorang menjadi semakin putus asa yang bisa mengakibatkan stress. Tetapi, jangan putus asa ya gaes? Kalo sudah rejeki ga akan kemana.

  1. Gagal dalam Hal Percintaan

Jika kamu sedang menjalani hubungan percintaan pasti pernah mengalami yang namanya ‘putus’, inilah salah satu penyebab orang putus asa berikutnya. Apalagi jika kamu sudah lama menjalin hubungan.

  1. Keinginan yang Gagal Diwujudkan

Gagal dalam mewujudkan ekspektasi menjadi penyebab perilaku putus asa, apalagi jika ekspektasi yang terlalu tinggi  membuat orang belum tentu bisa mewujudkan keinginannya. Ini bisa membuat kamu merasa tertekan karena ekspektasinya.

Baca Juga:  Tanda-tanda Kamu Harus Segera ke Psikolog Terdekat Saat Ini Juga

Itulah pembahasan  mengenai cara mengatasi perilaku putus asa serta penyebabnya. Tujuan dari pembahasan ini adalah agar kamu dapat mengetahui langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam menghadapi masalah demi menghindari perilaku putus asa. Jangan putus asa gaess.tetap semangat.

 

Check Also

Mati Rasa: Penyebab Dan Cara Mengatasi

Mati Rasa: Penyebab Dan Cara Mengatasi

Apakah Anda pernah merasakan mati rasa? Biasanya penyebab timbulnya kebas akibat terlalu lama duduk atau …