Bullying dan Cara Mengatasinya

Bullying dan Cara Mengatasinya

Bullying dan Cara Mengatasinya – Permasalahan anak remaja saat ini merupakan salah satu faktor dari kemajuan dan perkembangan teknologi juga. Mulai dari Anxiety, Insecure, hingga Bullying. Sejatinya bullying tidak selalu terjadi dilingkungan sekolah saja, namun bisa saja terjadi di social media.

Oleh karena itu banyak dijumpai dilingkungan masyarakat yang tidak begitu paham bagaimana dengan bijak menggunakan sosial media, sehingga tidak jarang banyak kita jumpai bahwa beberapa diantara dari mereka telah melakukan cyberbullying saat mereka bermain social media.

Sejatinya Bullying adalah tindakan seseorang atau sekelompok dengan tujuan untuk menindas dan memperoleh kesenangan tersendiri saat melihat korban bullying menderita.

Bahkan bullying tidak hanya dilakukan secara ucapan namun beberapa kali ada yang melakukannya dengan melakukan tindakan kekerasan, memukul menendang, dan kekerasan lainnya. Bullying biasanya sering dirasakan oleh anak remaja yang dianggap berada di bawah ekonomi hingga pada remaja yang sulit untuk bersosialisasi.

Bahkan tidak jarang banyak anak remaja yang menyembunyikan apa yang ia alami disekolah atau di lingkungan pertemanan demi menjaga perasaan orang tuanya. Sehingga hal ini mengakibatkan sikap emosional yang tidak bisa dikontrol di lingkungan rumah, diantaranya murung, malas bercerita, mungkin tidak bisa mengontrol amarah saat hari yang berat.

Sehingga banyak orangtua yang tidak begitu mengerti dampak dari bullying dan cyberbullying hingga bagaimana mengatasinya. Apabila hal ini dibiarkan tanpa adanya solusi dan dukungan dari orang terdekat maka hal ini akan berakibat fatal mulai dari psikologis anak hingga berakhir bunuh diri.

Dampak Bullying:

Adapun dampak lain dari Bullying bagi korban, secara lengkap akan dibahas melalui poin berikut ini.

  1. Memicu depresi, stress, gangguan kesehatan mental sehingga mudah memicu kemarahan.
  2. Menurunkan tingkat kecerdasan hingga kemampuan analisis dan berpikir anak. Bahkan hingga mengurangi tingkat produktif anak setiap harinya.
  3. Remaja yang mengalami bullying biasanya akan lebih memilih untuk menjauhi keramaian dan menyebabkan prestasi akademik menurun.
  4. Menyebabkan trauma bertemu dengan orang banyak.
Baca Juga:  Putus Asa: Penyebab dan Cara Mengatasi

Sementara itu dampak bullying bagi pelaku adalah sebagai berikut.

  1. Menyukai kekuasaan dan senang melihat penderitaan orang lain,
  2. kurang berempati dalam aktivitas sosial di lingkungan sekolah
  3. Pelaku mudah agresif menyukai kekerasan, mudah marah, impulsif, dan toleransi rendah
  4. Pelaku merasa harga dirinya tinggi dan mempercayai bahwa kekuatannya berguna untuk merendahkan orang lain.

Sementara itu dampak bullying juga akan dirasakan oleh lingkungan sekitar, hal ini merupakan kejadian yang sering dijumpai di kota-kota besar. Lingkungan sering memandang hal tersebut adalah tradisi senior di sekolah yang diberikan kepada adik kelasnya.

Penyebab Bullying:

Ada beberapa hal yang menyebabkan bullying di lingkungan remaja bisa saja terjadi diantaranya sebagai berikut.

  1. Penampilan fisik

Penampilan fisik yang unggul atau yang tidak begitu unggul bisa saja menyebabkan adanya bullying. Biasanya permasalahan yang paling utama adalah pelaku yang merasa ingin selalu lebih unggul atau tidak mau merasa disaingi. Sehingga rasa ingin melakukan tindakan kekerasan seperti bullying mereka lakukan.

  1. Perbedaan kelas

Perbedaan kelas ang dimaksud adalah perbedaan kelas dalams egi apapun, baik material, agama, suku dan lain sebagainya. Hal ini juga sama penyebabnya adalah pelaku yang tidak memiliki rasa untuk saling menghormati dan toleransi yang tinggi. Sehingga perbedaan tersebut memicunya untuk melakukan bullying

  1. Tradisi senioritas

Tradisi senioritas umumnya terjadi di lingkungan masyarakat sehingga lingkungan sekolah. Lebih sering terjadi bullying karena senioritas itu di lingkungan sekolah hingga perkuliahan. Perlakuan tersebut menyebabkan korban merasa terintimidasi.

Sementara itu untuk mengatasi bullying yang dirasakan oleh anak atau siswa dilingkungan sekolah hingga social media sang anak sejatinya penanganan bullying dapat diatasi ketika sejak anak-anak, masih dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ulasan lebih lengkap mengenai cara mengatasi bullying adalah sebagai berikut.

  1. Mengatasi bullying di lingkungan anak-anak
Baca Juga:  Yuk Cari Tahu Tentang Psikologi Kognitif dan Manfaatnya

Untuk mengatasi dampak dari bullying maka dapat anda lakukan dengan memberikan pengertian pada seorang anak untuk memberikan cara melawan dari tindakan bullying.

Berikan dukungan dan pelukan agar anak merasa memiliki sebuah tempat untuk bercerita, minimal mereka bisa terbuka dengan orang tua. Apabila tindakan bullying sudah semakin parah maka sebaiknya segera melaporkan dan membicarakan secara kekeluargaan agar bisa berdamai.

  1. Mengatasi Bullying di Keluarga

Berikan perhatian dan interaksi pada anak agar lebih berani dan tegas. Sebaiknya keluarga khususnya keluarga membantu sang anakĀ  untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan berbaur dengan lingkungan sekolahnya.

Mengajarkan rasa peduli kepada sesama juga bisa membantu mengatasi korban yang terserang bullying di lingkungan dimana mereka berada. Sebagai orang tua anda juga perlu mengawasi sang buah hati dalam bermain social media.

Dan yang terakhir sebagai keluarga berikan kesempatan pada anak bahwa mereka merupakan bagian terpenting dan layanan untuk mendapatkan perhatian khususnya dari orang tuanya.

  1. Mengatasi Bullying di sekolah

Sudah semestinya sekolah menjadi tempat berproses dan saling mengenal relasinya. Oleh karena itu apabila di sekolah terjadi bullying seharusnya pendidik memberikan pengenalan hukuman bullying kepada sesama pelajar.

Selain itu apabila bullying sudah terjadi di lingkungan sekolah maka sudah seharusnya saksi yang melihat penindasan tersebut segera memberi pembelaan terhadap korban sebagai rasa simpati dan empati kepada sesama. Cara ini dapat dilakukan denganĀ  upaya memberikan forum diskusi kepada peserta didik mengenai bullying di sekolah.

Demikianlah informasi mengenai bullying hingga penyebab dan bagaimana cara mengatasi bullying agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan sosial.

Check Also

Cara Move On dari Mantan

Cara Move On dari Mantan: 18 Tips

18 Cara Move On dari Mantan – Bagi beberapa orang, masa lalu termasuk salah satu …