pentingnya self healing

Pentingnya Self Healing

Manusia dalam menjalani hidup, berinteraksi dengan alam sekitar, lingkungan sosial, berinteraksi dengan manusia lain tentunya tak lepas dari berbagai gesekan dan juga adanya hal-hal yang tak selalu sesuai dengan keinginan dan ada cita-cita serta kemauan yang tak bisa terlaksana yang bisa menimbulkan luka batin hingga trauma. Sehingga manusia perlu memiliki kemampuan untuk melalukan self healing atau kemampuan melakukan penyembuhan diri.

Apa itu Self Healing

Penyembuhan diri atau self healing adalah kemampuan dasar manusia yang harus dimiliki agar bisa bertahan hidup dan bisa menjalani hidup, meneruskan hidup meski mengalami luka bathin dalam kadar ringan, sedang hingga berat. Self healing artinya kemampuan diri dalam mengontrol emosi dan mengatasi kekecewaan serta luka batin hingga trauma agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini karena cara paling efektif dan cepat untuk mengubah diri adalah pada kemauan diri tiap orang. Sedangkan orang lain hanya bisa mendorong dan menyarankan. Self healing psikologi yang dilakukan oleh ahli psikolog hanya akan bisa berhasil jika ada juga kemauan dari diri tiap pasiennya yang cukup kuat. Self healing sangat diperlukan jika dampak permasalahan yang dihadapi disalurkan secara salah, seperti pelampiasan makan dalam jumlah yang banyak hingga menimbulkan obesitas, atau justru kehilangan selera makan hingga tubuh menjadi sangat kurus dan kekurangan gizi yang lalu menimbulkan beberapa gangguan kesehatan fisik, hingga menimbulkan gangguan mental yang makin parah.

Beberapa Hal yang Memerlukan Self Healing

Agar bisa melakukan self healing, maka perlu dicari tahu terlebih dahulu sumber penyebab permasalahannya sebagai berikut.

Baca Juga:  Perbedaan Psikolog Dan Psikiater

Kekecewaan akibat berbagai sebab, seperti ketika dikhianati orang terdekat, bisa oleh orang tua, anak, suami, sahabat atau mengharapkan orang lain melakukan sesuatu tapi ditolak, atau adanya keinginan yang tak tercapai atau kegagalan juga akibat tertipu, tahu bahwa dibohongi, dan lain sebagainya.

Patah hati, baik dalam taraf ringan, sedang hingga berat.

Depresi, oleh berbagai akibat.

Trauma, akibat kenangan buruk di masa lalu, atau kejadian yang tiba-tiba terjadi yang sangat mengejutkan dan membuat shock, dan lain sebagainya.

Kesedihan atau duka cita akibat meninggalnya orang terdekat yang sangat disayangi, atau bahkan akibat matinya hewan kesayangan atau hal-hal lainnya.

Kemarahan, akibat adanya hal yang tak sesuai dengan keinginannya, yang diekspresikan dengan menghancurkan barang-barang atau melukai diri maupun orang lain di sekitarnya dan tindakan berbahaya serta merusak lainnya akibat penyaluran emosi yang tidak benar.

Ketakutan, berbagai jenis ketakutan dalam kadar ringan, sedang hingga parah, akibat dipicu oleh suatu hal.

Dan berbagai gangguan mental serta emosi lainnya.

Upaya Darurat Self Healing secara Praktis

Self healing terbaik ialah yang dilakukan sesegera mungkin begitu masalahnya muncul. Jadi bisa mengekspresikan kekecewaan dan amarahnya dengan baik serta tepat sasaran. Bisa mencari ruang untuk menyendiri lalu menangis hingga terkuras habis emosinya atau luapkan kemarahan dengan menuliskannya di kertas sampai puas lalu hancurkan tulisannya dan buang. Baru setelah pikiran jernih dan emosi stabil dan terkontrol maka kemudian bisa ambil tindakan terhadap orang yang bersangkutan dan mengambil tindakan untuk mengatasi masalah dengan secara tepat. Tiap manusia dewasa perlu dibekali kemampuan yang baik untuk melalukan kontol diri. Di pasaran banyak tersedia rekomendasi buku self healing, seperti serial chicken soup hingga berbagai buku religi, buku self healing berisi kata-kata self healing, yakni rangkaian kata self healing quotes yang bisa menyejukkan hati. Sebaiknya baca buku tersebut dan resapi dalam hati.

Baca Juga:  Disleksia: Pembahasan Lengkap

Beberapa Quotes Self Healing.

Berikut ini adalah beberapa self healing quotes untuk menyemangati diri.

Masih ada esok hari

Pantang menyerah, jangan putus asa

Cintai dirimu terlebih dahulu baru bisa mencintai orang lain.

Kamu sudah berusaha dan itu bukan salahmu.

Tak ada gading yang tak retak

Maafkan dirimu dan juga maafkan orang lain.

Selalu ada kesempatan kedua.

Kamu layak dicintai dan layak mendapat yang lebih baik.

Jangan takut

Jadilah pemberani

Memaafkan lebih menyehatkan

Seribu kawan kurang satu musuh terlalu banyak

Lebih baik mengetahui keburukan lebih awal daripada sudah semakin parah dan terlalu lama.

Kebahagiaan tergantung pada diri sendiri, bukan orang lain.

Self Healing dalam Islam

Bagi yang beragama Islam, maka bisa melalukan self healing Islami sesuai tuntunan agama Islam. Hal ini karena self healing terbaik adalah dengan mendekatkan diri dan mengadu kepada tuhan sang Maha Kuasa, yang mengijinkan segala sesuatunya bisa terjadi. Secara Islami self healing atau Penyembuhan diri secara Islami bisa ditempuh dengan cara sebagai berikut.

Mengucap Astagfirullah

Mengambil air wudhu untuk meredakan rasa amarah

Perbanyak Dzikir

Melakukan sholat sunah dua rakaat, bisa melakukan sholat hajat, atau sholat istikharah untuk memohon petunjuk atas suatu pilihan yang terbaik.

Bersabar dan menyadari bahwa semua yang terjadi adalah atas seizin Allah dan hanyalah berupa ujian dan cobaan yang harus dilewati.

Pasrah pada takdir setelah berdoa dan berupaya serta menyadari bahwa kehendak Allah adalah yang terbaik.

Menyadari bahwa manusia itu tempatnya salah dan lupa

Tak ada manusia yang sempurna, tiap manusia memiliki kelemahannya masing-masing.

Manusia tak akan diuji melebihi kemampuannya.

Bersama kesulitan selalu ada kemudahan. Saat satu pintu tertutup akan ada pintu lain yang terbuka.

Baca Juga:  Gangguan Depresi Mayor: Informasi Lengkap

Dunia hanya sementara, akherat selamanya.

Surga dipagari dengan berbagai kesulitan dan kesusahan sementara.

Neraka dipagari dengan berbagai godaan dan kenikmatan semu.

Selalu ada Allah, dan Tuhan tidak tidur.

Mengingat Allah hati menjadi tentram.

Allah akan mengabulkan tiap doa, jadi jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah, selalu bersyukur dan jangan khawatir.

Tak ada yang mustahil bagi Allah.

 

Itulah beberapa informasi yang dapat admin sampaikan terkait self healing yang perlu diketahui.

Check Also

Cara Move On dari Mantan

Cara Move On dari Mantan: 18 Tips

18 Cara Move On dari Mantan – Bagi beberapa orang, masa lalu termasuk salah satu …