psikologi kepribadian
psikologi kepribadian

Psikologi Kepribadian Mempelajari Apa?

Tahukah bahwa kepribadian orang itu tidak sama dan bermacam-macam. Nah hal itu dipelajari dalam ilmu psikologi kepribadian. Pengetahuan tentang kepribadian seseorang akan memudahkan komunikasi dan bersikap guna melakukan interaksi secara tepat dan efektif serta efisien sesuai jenis kepribadian masing-masing, serta menghindarkan terjadinya kesalahpahaman.

Apa itu Psikologi Kepribadian

Psikologi Kepribadian ialah suatu disiplin ilmu yang mempelajari hal terkait kepribadian tiap manusia berdasarkan observasi dan pengamatan mengenai tingkah laku ataupun sikap keseharian yang menjadi ciri khas tertentu tiap orang. Kepribadian ialah salah satu bagian dan ciri khas istimewa yang penting dari tiap manusia. Terdapat berbagai tipe jenis kepribadian manusia yang berbeda-beda, yang menggambarkan cara seseorang dalam berpikir, dan bertindak, serta berinteraksi, dan lain sebagainya. Perlu mengenali kepribadian masing-masing guna mengoptimalkan potensi diri. Begitu juga perlu mengetahui dan mengenal pribadi orang lain, agar bisa bersikap dan menjalin hubungan dengan baik, serta tidak terjadi salah sangka. Mampu secara efektif dan efisien bersikap dan menanggapi sikap orang lain tanpa menimbulkan masalah.

Jenis Kepribadian Menurut Para Ahli Psikologi

Para Ahli Psikologi membagi jenis kepribadian menjadi sebagai berikut.

Sanguinis

Jenis kepribadian sanguinis ialah orang yang selalu optimis dan penuh bersemangat. Sifatnya ramah dan mudah bergaul dan tidak canggung berbicara di depan publik, serta suka perhatian dan kreatif. Pribadi Sanguinis juga cenderung mendominasi dalam suatu kelompok.

Banyak orang yang senang dan suka ada di dekatnya. Jenis ini merupakan jika yang suka petualangan. Sanguinis tapi tidak suka menghadapi hal-hal yang rumit, dan serius, juga tidak egois, serta mudah lupa. Sayangnya juga kurang memiliki komitmen demi kepentingan bersama. Cocoknya tipe Sanguinis ini bekerja di dunia hiburan atau entertainment, yakni seperti di bidang fashion, atau perfilman, artis, dan travel, juga olahraga atau bidang marketing.

Baca Juga:  Mati Rasa: Penyebab Dan Cara Mengatasi

Plegmatis

Plegmatis ialah pribadi yang suka kedamaian dan ketenangan, serta cenderung bersikap netral dalam setiap situasi juga tidak akan suka untuk memihak pada salah satu kubu. Pribadi plegmatis selalu berusaha menghindari konflik dengan siapa pun juga. Orangnya juga sangat senang membantu orang lain. Plegmatis merupakan seorang  pendengar yang baik, dan memiliki selera humor, serta cukup mudah bergaul, dan memiliki banyak teman, serta tidak suka pada hal-hal yang rumit. Pribadi Plegmatis cenderung biasa-biasa saja serta kurang tertarik pada hal-hal baru. Orangnya tipe setia. Bidang pekerjaan yang cocok untuk tipe ini ialah sebagai guru, psikolog dan perawat, konsultan serta bidang pelayanan publik.

Koleris

Lalu untuk tipe Koleris merupakan pribadi yang cerdas serta selalu mengutamakan logika. Jenis Koleris ini cenderung keras kepala, dan memiliki perangai yang mudah marah, serta punya kemauan keras atas kehendak atau keinginannya. Pribadi Koleris tidak suka basa-basi dan cenderung to the point serta lebih senang melakukan berbagai hal secara sendirian. Pribadi ini hanya akan merasa nyaman jika berada bersama dengan orang yang sependapat dan memiliki ketertarikan yang sama dengan dirinya. Kemampuannya untuk membuat keputusan cukup baik. Jenis koleris ini juga mampu mengatur diri sendiri serta mempunyai tujuan yang pasti untuk masa depannya dengan baik. Orangnya produktif serta menyukai kebebasan dalam hidupnya. Bidang kerja yang cocok untuk tipe koleris ialah bidang manajemen, dan teknologi, juga statistik, serta bisnis, dan teknik juga programming, yang penuh keteraturan.

Melankolis

Kemudian ada pribadi jenis melankolis. Tipe Melankolis ialah introvert dan mudah khawatir, serta seorang pemikir yang tidak terlalu suka dengan keramaian. Seringkali tipe melankolis rendah diri dan   meremehkan kemampuan diri serta pesimistis, padahal dalam kenyataannya itu tidak seburuk yang dipikirkan. Sifatnya cenderung dengan standar kualitas yang tinggi, juga peduli lingkungan dan sangat detail, serta berpikir analisis. Orang melankolis biasanya cerdas dan cenderung fokus pada proses daripada tujuan. Cocoknya bekerja di bidang akunting, dan administrasi, juga pembukuan, arsip dan managements, yang memerlukan ketelitian dan detail.

Baca Juga:  Tanda-tanda Kamu Harus Segera ke Psikolog Terdekat Saat Ini Juga

Jenis Kepribadian Menurut Carl Gustav

Lalu ada juga seorang ahli psikologi namanya Carl Gustav, yang memandang dari sisi yang lain dan membagi kepribadian manusia menjadi sebagai berikut.

Introvert

Tipe kepribadian introvert ini ialah yang cenderung berpikir ke dalam, dengan fokus pada diri sendiri serta cenderung lebih suka menyendiri dan menghindari keramaian di tengah banyak orang. Pribadi ini cenderung lebih sering berkutat dengan pikirannya dan dunianya sendiri. Tingkat konsentrasi tipe introvert cenderung lebih tinggi, dan suka bercerita, serta mandiri orangnya, dengan sifat yang pemalu dan lebih sulit untuk bersosialisasi.

Ekstrovert

Berkebalikan dengan tipe extrovert yang lebih ke luar.

Orang dengan jenis  kepribadian ekstrovert cenderung menyukai kehidupan di luar, dan lebih senang untuk berinteraksi dengan orang lain juga lebih terbuka sifatnya. Cenderung periang, ekspresif dan sangat pandai beradaptasi dengan lingkungan baru juga dengan orang yang baru dikenal, mudah akrab dan suka bercerita, serta suka beraktivitas di luar, sangat supel, juga mudah bekerja dalam kelompok, serta memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Tipe extrovert juga  sangat aktif namun cenderung mengedepankan tindakan action daripada logika pikiran.

Ambivert

Jenis kepribadian ambivert merupakan perpaduan antara jenis kepribadian introvert serta ekstrovert. Tipe ambivert bisa menjalani kehidupannya dengan secara lebih seimbang. Ambivert tahu waktunya untuk  bersikap extrovert atau introvert, dengan secara lebih fleksibel. Tidak akan terlalu elektrik introvert juga tidak akan menjadi pribadi yang ekstrim ekstrovert.

Itulah antara lain mengenai berbagai tipe dan jenis  kepribadian manusia yang dipelajari dalam ilmu psikologi kepribadian.

 

Check Also

Cara Move On dari Mantan

Cara Move On dari Mantan: 18 Tips

18 Cara Move On dari Mantan – Bagi beberapa orang, masa lalu termasuk salah satu …