Jurusan-Psikologi-dan-Prospek-Kerjanya
Jurusan-Psikologi-dan-Prospek-Kerjanya

Kenali Cabang Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya di Masa Depan

Kuliah adalah salah satu tahapan yang tidak kalah penting dalam hidup. Memang tidak menentukan karir kedepannya secara mutlak, tetapi karir setelah lulus dari bangku perkuliahan lebih terbuka dan terkotak-kotakkan sesuai jurusan.

Jurusan Psikologi yang mempelajari tentang perilaku manusia dan proses mental pada manusia, belakangan ini cukup naik daun dengan adanya kesadaran masyarakat terhadap Kesehatan mental di Indonesia.

Namun masih banyak yang kurang memahami tentang Psikologi, masih banyak stigma di masyarakat yang ini-itu, padahal ilmu Psikologi sendiri adalah sebuah disiplin ilmu yang keabsahannya bisa dibuktikan secara ilmiah.

Penasaran dengan ulasan terkait kuliah di jurusan Psikologi di perkuliahan? Simak ulasan berikut sampai selesai.

Kuliah di Jurusan Psikologi

Prodi Psikologi sendiri terbagi menjadi dua rumpun di universitas-universitas di Indonesia. Namun Sebagian besar adalah psikologi dari rumpun Sosial Humaniora atau soshum, yang pendekatannya nanti akan lebih berfokus pada aplikasi gejala-gejala sosial.

Sedangkan Prodi Psikologi yang berasal dari rumpun saintek, akan memfokuskan diri pada riset dan analisis. Jadi untuk kamu yang ingin masuk psikologi tapi bingung harus belajar apa, fokuskan pada salah satu rumpun terlebih dahulu, sembari mencari informasi tentang Prodi psikologi di universitas yang diinginkan.

Jurusan Psikologi

Selanjutnya adalah pembahasan dari program studi psikologi sendiri. Jurusan Psikologi adalah jurusan dalam salah satu prodi-prodi perkuliahan, yang akan mempelajari tentang perilaku dan proses mental pada manusia. Dengan masuk ke dalam program studi psikologi, kamu akan diajak untuk memikirkan tentang perilaku manusia, kemudian mempelajari apa yang mendasari perilaku tersebut.

Pembagian Jurusan Psikologi

Dalam pembelajarannya sendiri, pada semester awal-awal kamu akan mempelajari psikologi secara umum, mulai dari teori, tokoh-tokoh, bahkan sampai cara analisis data. Jadi untuk kamu yang ingin masuk psikologi sekedar untuk menghindari hitung-hitungan, urungkan niatmu. Karena di Psikologi tidak akan lepas dari Namanya penghitungan data.

Baca Juga:  Bahas Lengkap Dunia Trading, Salah Satunya Psikologi Trading

Sedangkan untuk pembagian Jurusan di Psikologi yang akan dilakukan pada semester-semester tinggi di perkuliahan, kamu bisa memilih salah satu untuk didalami dari beberapa pembagian berikut :

  1. Psikologi Umum dan Eksperimental

Cabang pertama adalah cabang Psikologi umum dan eksperimental. Di sini kamu akan fokus pada pembahasan penelitian atau eksperimen. Kamu akan belajar tentang cara melakukan asesmen, membuat alat asesmen, sampai mengurangi kemungkinan kecurangan dalam asesmen.

  1. Psikologi Klinis

Dalam psikologi juga ada cabang Psikologi Klinis yang memiliki prospek kerja luas. Jadi tidak perlu khawatir dengan stiga jurusan psikologi susah cari kerja. No, karena dengan mulai sadarnya masyarakat dengan adanya Kesehatan mental yang perlu dijaga, diprediksi bidang psikologi klinis mulai dari konselor sampai psikolog akan ramai peminat.

  1. Psikologi Pendidikan

Cabang selanjutnya adalah cabang jurusan psikologi Pendidikan. Seperti yang diketahui bahwa Pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk peradaban manusia. Karena itu, dalam psikologi Pendidikan kamu akan mempelajari pemetaan kebutuhan Pendidikan dalam segala kondisi, tentu sesuai dengan subyek Pendidikan yang akan dididik.

  1. Psikologi sosial

Berikutnya adalah psikologi sosial, yang akan memfokuskan kajiannya pada kondisi psikologi dari interaksi manusia sebagai makhluk sosial. Dalam bidang ini kamu juga akan mencari cara menjelaskan konflik sosial dapat terjadi, sampai bagaimana bisa seseorang mengalami masalah dalam kehidupan sosialnya.

  1. Psikologi Perkembangan

Cabang psikologi perkembangan, atau yang biasa dikenal dengan jurusan psikologi anak karena seringkali yang dibahas, dan pembahasannya cukup mendalam adalah tentang anak-anak. Hal ini dikarenakan masa anak-anak adalah masa yang krusial dalam kehidupan, yang dampaknya akan terus terbawa di kemudian hari.

Namun fokus kajiannya tidak hanya pada anak-anak, karena nyatanya perkembangan terjadi pada manusia sampai akhir hayatnya.

  1. Psikologi Industri dan Organisasi
Baca Juga:  Perbedaan Psikolog dan Psikiater Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Terakhir adalah psikologi Industri dan organisasi. Jurusan inilah yang akan membentuk Sebagian besar pekerja dalam bidang Human Resource. Karena dalam sebuah industry diperlukan pemahaman terhadap psikologis seseorang yang akan didapatkan hasilnya dari asesmen.

Bidang psikologi ini juga yang akan mempersiapkanmu untuk bisa menempati posisi sebagai HRD di sebuah perusahaan, karena sesuai dengan bidangnya.

Peluang Pekerjaan Jurusan Psikologi

Pembahasan selanjutnya akan menjawab tentang jurusan psikologi kerja apa? Hal ini tidak perlu terlalu dirisaukan, karena psikologi sendiri memiliki banyak bidang yang bisa dimasuki, bahkan seorang lulusan psikologi bisa menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Konselor atau konsultan

Kamu tidak perlu berlanjut pada jenjang S2 untuk menjadi seorang konselor. Bidang konsultasi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Kesehatan mental, masalah perkembangan, konsultasi Pendidikan, konsultasi karir, bahkan sampai permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

  1. Psikolog

Untuk menjadi seorang psikolog, kamu harus melanjutkan pada jenjang S2 profesi. Nantinya setelah menamatkan S2, kamu akan mendapatkan gelar Psikolog di belakang namamu, yang artinya kamu bisa mulai melakukan praktik sendiri.

  1. Dosen

Seperti yang diketahui, bahwa pelajaran psikologi hanya ada di dunia perkuliahan. Karena itu, lulusan psikologi yang memiliki nilai dan kemampuan mumpuni akan mudah untuk menjadi dosen di program studi ini.

  1. HRD

Terakhir, seorang lulusan psikologi memiliki peluang yang besar untuk menjadi bagian dari bidang HRD atau Human Resource dalam sebuah perusahaan. Job Desk yang akan diemban adalah menyeleksi karyawan masuk, memberikan training, sampai menyetujui adanya promosi jabatan.

Itulah ulasan tentang jurusan psikologi, mulai dari pengertiannya, jurusan psikologi belajar apa, sampai dengan prospek kerja yang dimiliki lulusannya.

 

Check Also

Cara Move On dari Mantan

Cara Move On dari Mantan: 18 Tips

18 Cara Move On dari Mantan – Bagi beberapa orang, masa lalu termasuk salah satu …