Friday , October 22 2021

Cek Penerima BST Bansos, Wajib Perhatikan Syarat dan Cara Mengeceknya!

BST bansos atau Bantuan sosial Tunai merupakan bantuan sosial yang dikeluarkan oleh pihak kementerian sosial selama masa PPKM darurat ini. Dengan adanya BST ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang mengalami dampak parah pada perekonomian mereka selama berlangsungnya penyelenggaraan PPKM ini. Untuk itu Anda bisa cek penerima BST bansos.

Sebelum Anda melakukan cek penerima BST bansos, Anda harus tahu apa saja persyaratan sebagai penerima  dan sudah benar-benar terdaftar di Kemensos agar Anda bisa langsung mendapatkan bantuan sosial tunai tersebut.

Syarat Penerima Bansos

Pemerintah memang memiliki program yang terbilang sigap untuk membantu masyarakat yang terkena dampak perpanjangan PPKM covid-19 ini, terutama masyarakat kecil. Untuk program bantuan ada beberapa macam, salah satunya BST ini. Dengan adanya program bansos ini pemerintah memberikan penetapan syarat penerima bansos bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan sosial tunai. Adapun syarat-syaratnya adalah :

  1. Calon penerima bansos merupakan anggota masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW tempat mereka tinggal atau ada di desa.
  2. Calon penerima bansos merupakan masyarakat yang telah kehilangan mata pencahariannya karena dampak pandemi corona ini.
  3. Calon penerima tidak terdaftar pada bansos lain dari pemerintah pusat.
  4. Apabila calon penerima banso belum terdaftar di RT/RW dan belum terdaftar juga di list bantuan sosial lainnya, bisa langsung mengkonfirmasikannya ke aparat desa.
  5. Jika calon penerima tidak memiliki NIK dan KTP tapi memenuhi semua persyaratannya, tetap bisa mendapatkan bantuan sosial asalkan berdomisili disitu dan menyertakan alamat lengkapnya.

Cara Mengecek Data Penerima Bansos 

Dengan adanya program bantuan sosial ini memang bisa dibilang cukup membantu masyarakat kecil, meskipun dengan ketentuan syarat yang berlaku. Jika Anda salah satu calon penerima dari BST bansos, Anda bisa cek penerima BST bansos melalui link yang diberikan oleh Kemensos. Inilah cara mengecek list data penerima bansos :

  1. Anda bisa mengunjungi website milik Kemensos di https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Jika sudah terbuka, bisa langsung pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, lalu desa tempat tinggal Anda
  3. Ketikkan nama penerima
  4. Kemudian masukkan kata yang tertera di kotak kode
  5. Langkah terakhir klik tombol “cari data”, maka akan muncul daftar nama calon penerima bansos
Baca Juga:  Download Twibbon Populer 2021

Dari banyaknya program bansos yang dikeluarkan oleh pemerintah, BST bansos menjadi salah satu program yang dilakukan selama masa perpanjangan PPKM darurat karena pandemi corona. Ini menjadi salah satu solusi yang bisa diberikan oleh pemerintah meskipun jumlahnya terbilang tidak besar.

Itulah sedikit informasi untuk Anda melakukan cek penerima BST bansos. Jika Anda ingin mengetahui tentang daftar calon penerima dari bantuan sosial tunai bisa langsung mengunjungi ke website Kemensos itu sendiri. Sehingga Anda bisa mengetahui secara detailnya.